Membuat Laptop/PC kaya JARVIS

Hay semuannya, pasti kalian sudah tau sama JARVIS, yang ada di film Iron Man itu lho. Pasti kalian kepingin kalau laptopnya bisa kaya JARVIS. Bisa di ajak ngomong, mau dengerin musik tinggal bicara, dengan kata lain menggunakan perintah suara untuk mengendalikan
PC/Laptop. Oh ia kan udah ada Windows Speech Recognition(WSR)? Ia sih menggunakan itu, tapi kurang seru, dan masih tidak bisa di ajak ngomong. Setelah googling aku menemukan software yang namanya Windows Speech Recognition Macros (WSRMacros). Dengan software ini kita bsa “edit” WSR menjadi lebih seru. 

Nah, sekarang ini yang kita butuhkan
  1. PC/Laptop Windows 7( yang lain coba saja mungkin bisa, soalnya aku menggunakan win7 )
  2. Windows Speech Recognition( tutorialnya bisa dilihat disini )
  3. WSRMacros bisa download  disini
  4. Michrophone (bisa dekstop michropone atau yang lainnya pokoknya bisa digunakan untuk input suara ke PC)


Langkah yang pertama, jalankan Windows Speech Recognition, (jika masih pertamakali menggunakannya lihat postingan sebelumnya disitu ada cara menggunakan Windows Speech Recognition, kalau pernah menggunakan ada di control panel> ease of acces>Start Speech Recognition )

Langkah kedua jalankan WSRMacros, lalu pergi ke taskbar klik show hidden icons, cari logo Windows Speech Recognition Macros dan klik 2 kali. Setelah itu akan tampil pilihan antara lain:


  • Insert text : jika kamu ingin memasukkan teks pada saat mengucapkan sesuatu, misal (coba klik insert text) di kolom atas kamu isi “insert my phone number” terus kolom bawah isikan dengan nomer telpon kamu mis. “081234567890” maka ketika kamu mengetik/ membuka ms word misalnya dan kamu bilang “insert my phone number” secara otomatis nomer telpon yang kamu tuliskan tadi akan di masukkan ke lembar kerja kamu tadi.
  • Run a program : ini berfungsi untuk menjalankan program, kolom yang atas sama untuk menuliskan perintah yang nantinya kita ucapkan, yang tengah lokasi program yang kita akan jalankan dan yang terahir aku kurang paham (hehehe)
  • Send Keystrokes : gunanya untuk menekan tombol, misalnya CTRL+C, Kotak yang atas tetep untuk menuliskan perintah yang nantinya kita ucapkan, sedangkan yang bawah tombol apa yang ingin kita tekan.
  • Emulate Recognition : yang ini gunanya untuk mengganti perintah yang telah tersedia dari Windows Speech Recognition, contohnya copy, paste, close, stop listening dll.
  • Advanced : nah ini yang sering aku gungkan, dengan ini sudah mencangkup semuanya, tinggal kita tau atau tidak perintahnya, dengan ini kita memasukkan XML, oh iya ini yang akan kita sering gunakan, walaupun ribet tapi banyak sekali kegunaannya.

Sekarang kita akan membuat laptop menjawab panggilan kita, di pilihan advanced (pergi ke taskbar klik show hidden icons cari logo Windows Speech Recognition Macros dan klik 2 kali lalu klik Advanced (mengingatkan jika lupa)) dan ketikkan ini

<speechMacros>
<command>
<listenFor>Jarvis</listenFor>
<speak>Yes Sir</speak>
</command>
</speechMacros>

Klik next kemudian create. (jika gagal membuat maka set security level ke low caranya: klik kanan logo Windows Speech Recognition Macros>security>Set security Level...>pilih low. Atau option yang kedua: klik kanan logo Windows Speech Recognition Macros>Security>Create Signing Certificate>Yes>Ok>Ok, mungin yang kedua ini “lebih aman” tapi jika komputer dimatikan Signing ini hanya berlaku sampai komputer dimatikan, jika mau membuat perintah yang baru setelah menghidupkan komputer lagi harus membuat lagi, jika tidak ya tidak usah. Tapi aku belum tahu pasti perbedaan yang pertama dan kedua dengan pasti )
Dan coba kamu panggil “Jarvis” lihat apa yang terjadi.
Sedikit penjelasan listenFor itu digunakan untuk menuliskan perintah apa yang kita akan ucapkan dan speak itu apa yang akan komputer katakan saat anda mengucapkan perintah.


Kita juga bisa menggunakan Jscript atau VBScript seperti contoh waktu dan tanggal di bawah ini
Waktu

<speechMacros>
<command>
<listenFor>What Time Is It</listenFor>
<listenFor>What's The Time</listenFor>
<listenFor>Give Me The Time</listenFor>
<script language="JScript">
<![CDATA[
var date = new Date();
var whatToSay = "It's ";
var hours = date.getHours();
var AMorPM;
if (date.getHours() >= 12)
{
AMorPM = " P. M.";
if (date.getHours() != 12)
{
hours -= 12
}
}
else
{
AMorPM = " A. M.";
}
whatToSay += hours;
if (date.getMinutes() == 0)
{
whatToSay += " o'clock";
}
else
{
if (date.getMinutes() < 10)
{
whatToSay += " o ";
}
whatToSay += " " + date.getMinutes();
}
whatToSay += AMorPM;
Application.SetTextFeedback(whatToSay);
Application.Speak(whatToSay);
]]>
</script>
</command>
</speechMacros>

Tanggal

<speechMacros>
<command>
<listenFor>What's Today's Date</listenFor>
<listenFor>What's The Date ?Today</listenFor>
<listenFor>What Day Is ?Today ?It</listenFor>
<script language="VBScript">
<![CDATA[
whatToSay = "Today is " & WeekdayName(Weekday(Now)) & " " & MonthName(Month(Now))
dayDate = Day(Now)
dayNumberText = " " & dayDate
whatToSay = whatToSay & " " & dayNumberText & " "
Application.SetTextFeedback(whatToSay)
Application.Speak(whatToSay)
]]>
</script>
</command>
</speechMacros>

Untuk lebih mendalami WSRMacros silahkan kunjungi disini , banyak sekali pembahasan tentang WSRMacros. Silahkan cek link ini untuk salam kepada laptop.
Nah sekian dulu postingan kali ini, jika ada kata yang salah atau kurang sopan saya mohon maaf. Tunggu postingan berikutnya, Semoga bermanfaat.


Comments

  1. wah bagus juga nihh
    kapan2 visit ke sini ya
    http://andreasnewskelas7.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. gan.. kalo kode2 yang lainnya ada ngak

    ReplyDelete
  3. aku udah nginstal aplikasi jarvisny, cuma kok nggak bisa ngrespon ya, padahal udh diisi untuk bagian commandny, kira" apa yg kurang ya mas?? trm kash

    ReplyDelete
  4. hahaha... ane udah coba tetep aja ga bisa.. pake cara apapun udah dicoba tetep gabisa ..

    ReplyDelete
  5. coba jarvis yang ini,,,,,,,,
    http://jihad-crystal-speech-recognition.blogspot.com/
    free....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Metered Connection di win 10

Download Frozen (2013) BluRay 720p 800MB via ganool