Bombastis Teknologi Modern




BOMBASTIS TEKNOLOGI MODERN
Oleh. Irza Fajar Dhiarza

            Sebelum memahas lebih jauh, sebenarnya apa sih bombastis itu? Bombastis bisa di artikan  banyak berjanji, tetapi tidak akan berbuat banyak; banyak menggunakan kata dan ucapan yg indah-indah serta
muluk-muluk, tetapi tidak ada artinya; bersifat omong kosong; bermulut besaratau bisa juga di artikan suatu hal yang sangat mengejutkan atau dashat.
            Dalam kasus ini yang kita bahas adalah "Bmbastis Teknologi Modern", dari definisi bombastis di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bombastis teknologi modern adalah suatu hal yang sangat mengejutkan atau dahsyat dari penemuan-penemuan teknologi modern. siapa sih sekarang yang tidak menggunakan teknologi? Ya, hampir semua masyarakat sekarang menggunakan teknologi. Kebutuhan manusia akan sesuatu yang cepat dan mudah mendorog terciptanya hal yang baru. Para ilmuanpun mencari solusi pemecaha masalah tersebut dengan mengadakan penelitian bertahun-tahun yang hasilnya dapat kita nikmati sampai saat ini. Tak hanya ilmuan, namun para pebisnispun memanfaatkan peluang ini untuk meraup keuntungan.
            Sebagai contoh sarana pengiriman surat diganti diganti dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine,chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya. Pada tahap ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang, misal pesan tiket dengan SMS, pengaduan ke Presiden dengan SMS. Contoh lagi, berpergian jauh, sekarang dengan adanya pesawat terbang menjadi semakin cepat.
            Memang awalnya teknologi informasi dan komunikasi diciptakan untuk menunjang kegiatan bisnis. Pada perkembangannya, manusia secara pribadi ternyata juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Contohnya handphone, kalau dulu individu secara pribadi masih sulit untuk menggunakan handphone karena dulu piranti pendukungnya masih mahal, tetapi kini handphone sebagai salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi produk yang umum, yang tidak hanya digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis pemiliknya, tetapi telah menjadi bagian dari gaya hidup (life-style). Bahkan saat ini anak SD pun telah membawa handphone, sehingga handphone bukan barang murah lagi. Mengutip salah satu slogan produsen handphone terkemuka, “connecting people“, ternyata benar adanya. Kian mudah saja berhubungan dengan orang lain.
            Kecanggihan teknologi ini membuat semua orang terkesan-kesan hingga ingin membelinya. Dengan fitur-fitur yang canggih membuat orang melihat barang yang dipasarkan “waaaah” sehingga ingin segera membelinya sampai merengek-rengek hingga nangis darah. Sehingga banyak orang dengan semangat juang yang tinggi membeli barang yang baru dipasarkan tersebut, padahal harga barang itu “mahal” sekali harganya. Sangat disayangkan apabila barang tersebut hilang, apalagi untuk membeli barang tersebut harus menabung hingga tidak makan hampir 1 tahun. Akibatnya orang-orang disekitarnya iri dan ikut-ikutan menabung 1 tahun hingga tak makan.
            Teknologi yang semakin maju dan berkembang memang banyak menimbulkan berbagai dampak positif namun ada juga yang negatif. Dampak positif pemanfaatan teknologi informasi lainnya misalkan di bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain adalah bermunculannya polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan yang dikenal dengan M-Banking (Mobile Banking). Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Tohoku Jepang menunjukan bahwa jika anak-anak dijejali aneka permainan komputer, maka lama-kelamaan akan terjadi kerusakan di sebagian otaknya, hal ini disebabkan pengaruh radiasi monitor komputer yang terserap ke otak melalui matanya. Atau seperti kejadian di Thailand di mana seorang gadis remaja gantung diri karena frustasi tidak dapat menyelesaikan permainanbomber man. Di bidang kriminalitas, walaupun belum ada penelitian yang kongkret tapi dipercaya, bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Di bidang perbankan, lebih mengkhawatirkan lagi penggunaan kartu kredit illegal (carding). Belum lagi perseteruan antara pembuat virus dan antivirus yang tidak pernah berhenti sepanjang masa. Fenomena seperti ini adalah sebagian kecil contoh yang dekat dengan kehidupan kita.
Kemajuan teknologi modern terutama komunikasi dan informasi telah banyak membawa berbagai dampak dalam kehidupan kita, oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan teknologi modern tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan teknologi yang berkembang saat ini.
Sikap yang dapat kita ambil terhadap kemajuan teknologi modern yakni mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita akan teknologi yang ingin kita dapatkan melalui teknologi, mengetahui sejauh mana privasi yang kita miliki dan menghargai privasi milik orang lain, menggunakan manfaat teknologi modern secara bijak dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku dan hukum agama kita, merubah cara pandang kita supaya peduli akan kemajuan berbagai teknologi modern dan dampak yang ditimbulkannya. Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan teknologi modern akan dapat ditekan secara maksimal.

                        

Comments

Popular posts from this blog

Metered Connection di win 10

Membuat Laptop/PC kaya JARVIS

Download Frozen (2013) BluRay 720p 800MB via ganool